PENGARUH UANG MUKA, DISKON DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PADA CV. SEMESTA MOTOR BERJAYA

JOEANA, SHELY (2023) PENGARUH UANG MUKA, DISKON DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PADA CV. SEMESTA MOTOR BERJAYA. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI SHELY JOEANA] Text (SKRIPSI SHELY JOEANA)
SHELY JOEANA_19622262_AKUNTANSI.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penjualan memiliki pengaruh besar pada laba, ketika penjualan meningkat maka laba akan ikut meningkat pula. Dalam bisnis penjualan sepeda motor bekas, faktor-faktor yang mendukung penjualan diantaranya dengan menetapkan minimmum uang muka yang tepat untuk transaksi, memberikan bonus-bonus untuk segala transaksi, dan melakukan promosi secara tepat. P9enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh uang muka, diskon dan biaya promosi terhadap penjualan pada CV. Semesta Motor Berjaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data penelitian berupa metode observasi, dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi software SPSS V 26. Hasil uji t pada penelitian ini, ditemukan bahwa terdapat hasil berpengaruh signifikan dari uang muka terhadap penjualan dengan nilai t-hitung sebesar 6,758 > 2,012 t-tabel dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya hasil berpengaruh signifikan dari pengaruh diskon terhadap penjualan dengan niali t-hitung sebesar 4,667 > 2,012 t-tabel dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian hasil tidak berpengaruh dan tidak signifikan dari biaya promosi terhadap penjualan dengan nilai t- hitung 0,158 < 2,012 dengan nilai signifikansi 0,875 > 0,05. Untuk hasil uji f pada penelitian ini, disimpulkan bahwa uang muka, diskon dan biaya promosi secara simultan berpengaruh terhadap penjualan dengan nilai f-hitung 357,491 > 3,209 f-tabel. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat hasil yang menunjukkan bahwa variabel independen Uang Muka, Diskon dan Biaya Promosi sangat berpengaruh terhadap variabel Penjualan dengan nilai presentase sebesar 95,8% dan 4,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akuntansi
Divisions: Program Studi Akuntansi (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 03 May 2024 08:58
Last Modified: 03 May 2024 08:58
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item
View Item