PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH PADA PT. BANK BUKOPIN CABANG TANJUNGPINANG

OKTAVIA, LENI (2021) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH PADA PT. BANK BUKOPIN CABANG TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI LENI OKTAVIA] Text (SKRIPSI LENI OKTAVIA)
16612094.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kepercayaan Nasabah pada PT. Bank Bukopin Tbk Tanjungpinang. Sampel sebanyak ± 50 orang nasabah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner langsung kepada karyawan yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Data dianalisis dengan menggunakan Metode Kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, realibilitas, uji asumsi klasik serta normalitas.Dalam penelitian ini uji validitas terhadap kepercayaan nasabah dikatakan valid karena r tabel (0.2787), jadi dapat disimpulkan bahwa item pada instrumen variabel kepuasan kerja tersebut valid. Selain itu untuk uji reliabilitas dapat dilihat bahwa variabel variabel tersebut bersifat reliabel dengan dibuktikan dari nilai Cronbach’s Alpha lebih besar dri 0,60. Untuk uji analisis regresi sederhana, dapat dilihat persamaan Y = 15,246 + 1,216X + e, diketahui nilai konstantanya sebesar 15,246. secara matematis, nilai konstanta ini menyatakan bahwa pada saat
kepercayaan nasabah 0, maka customer relationship marketing memiliki nilai 15,246.Selanjutnya nilai positif (1,216) yang terdapat pada koefisien regresi variabel bebas (Kepercayaan Nasabah) menggambarkan bahwa arah hubungan antara variabel
bebas (Kepercayaan Nasabah) dengan variabel terikat(customer relationship marketing) adalah searah, dimana setiap kenaikan satu satuan setiap variabel kepercayaan nasabah akan akan menyebabkan kenaikan customer relationship
marketing sebesar 1,216. Untuk uji dari koefisien determinasi, diperoleh angka R Square sebesar 0,37 atau 37%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel kepercayaan nasabah terhadap variabel CRM hanya sebesar 37%. Sedangkan sisanya yang persentasenya sebesar 63% lainnya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel variabel lainnya seperti loyalitas pelanggan dan kepuasaan pelanggan yang mana tidak dimasukkan kedalam model penelitian oleh penulis. Dan untuk Uji Statistik T test(Uji Parsial) , kepercayaan nasabah memiliki nilai thitung sebesar 5,360 dan ttabel
sebesar 1.677 oleh karena nilai thitung > ttabel (5,360 > 1.677) maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:56
Last Modified: 08 Oct 2024 06:56
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1036

Actions (login required)

View Item
View Item