PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. DIVIGA GARAM INDONESIA

FORTUNA, DEWI (2022) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. DIVIGA GARAM INDONESIA. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI DEWI FORTUNA] Text (SKRIPSI DEWI FORTUNA)
18612374.pdf - Accepted Version

Download (635kB)

Abstract

PT. Diviga Garam Indonesia merupakan perusahaan distribusi pangan terutama pada produk garam anak terbang, sempat terjadi penurunan penjualan selama pandemi covid 19, dalam menjaga dan mempertahankan pelanggan dalam melakukan pembelian, perlu memperhatikan kelancaran pendistribusian dan dapat tetap menjaga ketersediaan produk dikala adanya permintaan dari pelanggan sehingga target penjualan dapat meningkat serta memperhatikan promosi penjualan agar pelanggan ingin melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi dan promosi penjualan terhadap loyalitas
pelanggan pada PT. Diviga Garam Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 249 orang, dengan menggunakan teknik slovin yang diambil dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan saluran distribusi dan promosi penjualan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Diviga Garam Indonesia.Saluran distribusi pada PT. Diviga Garam Indonesia memberikan respon yang baik kepada pelanggan dan berpengaruh kepada loyalitas pelanggan tersebut , terlihat nilai thitung> nilai ttabel (3.904>1.651) atau probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), kemudian promosi penjualan yang diberikan PT. Diviga Garam Indonesia seperti diskon, potongan harga dan pemberian gratis barang dalm jumlah tertentu mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian ulang , dimana nilai thitung> nilai ttabel (11.859>1.651) atau probabilitas t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).Dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi dan promosi penjualan berpengaruh loyalitas pelanggan pada PT. Diviga Garam Indonesia baik secara parsial dan simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:04
Last Modified: 08 Oct 2024 07:04
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item
View Item