SURIYANTO, SURIYANTO (2021) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA PT. CITRA PRATAMA DISTRIBUSINDORAYA. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANNJUNGPINANG.
14612098.pdf - Accepted Version
Download (965kB)
Abstract
Dalam kondisi persaingan yang ketat di dunia bisnis seperti sekarang ini. setiap perusahaan harus mampu meningkatkan kapabilitas untuk bersaing dengan perusahaan lain sehingga bisa bertahan hidup dan terus berkembang. Salah satu hal
penting yang perlu diperhatikan dan dilakukan perusahaan adalah mempertahankan pelanggan yang telah ada dan terus menggarap pelanggan-pelanggan potensial baru agar jangan sampai pelanggan meninggalkan perusahaan dan berpaling ke produk perusahaan lain. Memiliki pelanggan yang loyal adalah impian dari semua perusahaan. Namun tidak mudah untuk mendapatkannya. Pelanggan harus dibuat happy saat menjalin interaksi dengan perusahaan sehingga menghasilkan kepuasan.
Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Satisfaction Pada PT. Citra Pratama Distribusindoraya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, yaitu teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan
untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dengan menggunakan aplikasi SPSS maupun manual dalam perhitungan angka-angka untuk menganalisisnya. Jenis data
yang digunakan adalah dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah 3.3.1. Metode Kepustakaan, Metode Survei dan Wawancara, dan Metode Kuesioner. Populasi dalam penelitian sebanyak
sebanyak 56 outlet, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 56 outlet. Berdasarkan hasil analisis pada tabel 4.19, besarnya Adjusted R² berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan SPSS 22 diperoleh sebesar 0,683. Dengan
demikian besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel kepercayaan pelanggan,komitmen, komunikasi, dan penanganan keluhan terhadap customer satisfactio adalah sebesar 68,3%. Sedangkan sisanya 31,7% adalah dipengaruhi oleh variabel
lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Program Studi Manajemen (Mhs) |
Depositing User: | Pustaka STIE Pembangunan |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 04:43 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 04:43 |
URI: | http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1275 |