PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN PADA RESTORAN KELONG SHANGRILA TANJUNGPINANG

AL HAMIDY, FADILLAH (2021) PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN PADA RESTORAN KELONG SHANGRILA TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI FADILLAH AL HAMIDY] Text (SKRIPSI FADILLAH AL HAMIDY)
15612096.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Fungsi manajemen terbagi atas 4 fungsi, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Apabila fungsi-fungsi manajemen tidak berjalan sesuai dengan harapan, maka manajemen yang terdapat dalam organisasi tidak akan seimbang dan jauh dari kata baik.Rumusan masalah yang penulis rumuskan adalah bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen pada Restoran Kelong Shangrila. Tujuan di lakukan penelitian ini adalah untuk merumuskan dan mengkaji penerapan fungsi-fungsi manajemen yang ada pada Restoran Kelong Shangrila.jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, adalah Pengamatan (Observasi), Wawancara (Interview), dan Studi Pustaka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Restoran Kelong Shangrila Tanjungpinang sebanyak 34 orang.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang, 1 orang pimpinan dan 5 orang karyawan. Teknik pengolahan data menggunakan 3 teknik, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan beberapa informan menyatakan bahwa perencanaan yang dilakukan perlu ditingkatkan kembali. Hal ini dilakukan untuk mencapai sasaran dan tujuan restoran, terutama dalam menarik pelanggan yang pada masa pandemi covid-19 saat ini mulai terbatas. Sedangkan pengorganisasian yang dilakukan dalam restoran perlu adanya peningkatan lagi. Hal ini dilakukan untuk mencapai sasaran dan tujuan restoran, terutama pada pembagian tugas dan tanggung jawab dari masing-masing karyawan agar dapat lebih terarah dan terstruktur dalam mengerjakan tugas yang diberikan pimpinan. Serta pelaksanaan manajemen yang dilakukan karyawan dalam restoran lebih ditingkatkan kembali. Kemudian pengawasan manajemen yang dilakukan karyawan dalam restoran sudah cukup ketat dikarenakan dengan adanya keaktifan supervisor area dalam melaksanakan pengawasan rutin kepada karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 25 Oct 2024 23:40
Last Modified: 25 Oct 2024 23:40
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item
View Item