CITRA ETIKA, FANY (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ONLINE MARKETPLACE, KHUSUSNYA PADA TOKOPEDIA DI KALANGAN MAHASISWA STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.
15612129.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian pada Tokopedia. Faktor-faktor yang digunakan adalah citra merek dan kepercayaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian asosiatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner (angket) dan studi pustaka. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS 26. Populasi berjumlah 531 dan sampel yang diambil sebanyak 162 responden dengan menggunakan purposive sampling.Hasil uji t menunjukkan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,461 > 0,05 dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,133 >0,05. Sementara hasil uji F menunjukkan bahwa citra merek dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Adapun hasil uji hipotesis secara simultan variabel citra merek dan kepercayaan memiliki nilai signifikan 0,000 > 0,05 dan nilai F-hitung 21,764 > F-tabel 2,72. Kesimpulannya adalah citra merek dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Tokopedia. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa citra merek memiliki pengaruh paling tinggi terhadap keputusan pembelian dibandingkan kepercayaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Program Studi Manajemen (Mhs) |
Depositing User: | Pustaka STIE Pembangunan |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:59 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:59 |
URI: | http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1310 |