NOFITASARI, NOFITASARI (2020) PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, DAN PRIBADI TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN TEMPE DI PASAR BARU TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.
14612131.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, dan pribadi terhadap perilaku konsumen dalam pembelian tempe di Pasar Baru Tanjungpinang baik secara parsial maupun secara simultan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan pengolahan datanya dibantu dengan softwareSPSS versi 21. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 761 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 262 orang menggunakan teknik simple random sampling dan penentuan jumlah sampelnya dengan rumus slovin pada tingkat error 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi berganda yaitu Y = 1,708 + 0,355X1 + 0,077X2 + 0,262X3 + e. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa faktor budaya berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pembelian tempe dengan thitung sebesar 4,283. Faktor sosial berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pembelian tempe dengan thitung sebesar 2,435, dan faktor pribadi berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pembelian tempe dengan thitungsebesar 2,803. Kemudian hasil uji simultan menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, dan pribadi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pembelian tempe dengan fhitung sebesar 250,549. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini ditunjukan dalam uji determinasi pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,741 atau 74,1% sedangkan sisanya 25,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor budaya terhadap perilaku konsumen, faktor sosial terhadap prilaku konsumen, dan faktor pribadi terhadap perilaku konsumen dalam pembelian tempe pada Pasar Baru Tanjungpinang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa seluruh Hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Program Studi Manajemen (Mhs) |
Depositing User: | Pustaka STIE Pembangunan |
Date Deposited: | 16 Nov 2024 02:40 |
Last Modified: | 16 Nov 2024 02:40 |
URI: | http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1425 |