ALMAWATI, ALMAWATI (2020) PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PT BBT TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.
16612003.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja PT Batam Bintan Telekomunukasi Tanjungpiang. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang di gunakan sebanyak 30 orang dari jumblah populasi sebanyak 30 orang.
Pengumpulan data di lakukan dengan penyebaran angket (kuisoner) dan dokumentasi. Teknikanalisis yang di gunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis iregrensi linear berganda dan uji hipotesis. Sebelumnya data yang berupa kuisoner di uji dengan uji validitas dan reabilitas dengan mengunakan SPSS Vesi 21,00 Hasil penelitian Berdasarkan uji t (parsial) bahwa variabel kompetensi (X1) terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari variabel kompetensi yang memperoleh nilai thitung sebesar 2,417 lebih besar dari 2,051(t tabel) dan nilai signifikan 0,023 lebih kecil dari 0,05 Ha di terima dan Ho ditolak. hasil uji F (persial) membuktikan variabel komitmen organisasi (X2) terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari variabel komitmen organisasi yang memperoleh nilai thitung sebesar 2,593 lebih besar dari 2,051(t tabel) dan nilai signifikan sebesar 0,015 lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterimadan Ho ditolak dan hasildari uji F (simultan) membuktikan variabel bebas (kompetensi dan komitmen
organisasi) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung> Ftabel dimana Fhitung lebih besar dariFtabel(85,625 > 3,35) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) yang artinya Ha diterima H0 ditolak. Kesimpulan dari penrlitian ini Berdasarkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 86%, sehingga hal ini menunjukkan bahwa semakin baiknya kompetensi dan komitmen organisasi maka semakin meningkat juga kepuasan kerja karyawan PT. Batam Bintan Telekomunikasi, sedangkan sisanya sebesar 14% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Program Studi Manajemen (Mhs) |
Depositing User: | Pustaka STIE Pembangunan |
Date Deposited: | 16 Nov 2024 02:42 |
Last Modified: | 16 Nov 2024 02:42 |
URI: | http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1467 |