ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI KOTA TANJUNGPINANG

MEILANI, DWI (2020) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI KOTA TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANNJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI DWI MEILANI] Text (SKRIPSI DWI MEILANI)
16612086.pdf - Accepted Version

Download (798kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian smartphone XIAOMI. Analisis perilaku konsumen ini dilihat dari faktor-faktor perilaku konsumen yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dan analisis faktor dengan metode Principal Component Analysis (PCA). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang jurusan manajemen sebanyak 1427 orang pada tahun 2018. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang merupakan teknik penarikan sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu dalam menetapkan sampel dengan tujuan penelitian, jenis instrument yang digunakan, biaya dan waktu. Data yang diambil yaitu data primer berupa instrument pernyataan kuesioner dan data sekunder yang merupakan data pendukung. Hasil kuesioner dianalisis menggunakan statistik SPSS berupa uji
validitas, uji reliabilitas dan uji analisis faktor untuk mengetahui pernyataan- pernyataan yang terdapat dalam kuesioner didalam pengumpulan data sudah bersifat valid, realibel, dan mengetahui faktor-faktor yang terbentuk. Kemudian menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskriptifkan bobot nilai tanggapan konsumen untuk tiap pernyataan pada kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian smartphone XIAOMI di kota Tanjungpinang yang terdiri dari faktor 1 sampai dengan faktor 8, yang mana faktor 1 merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 21 Nov 2024 08:14
Last Modified: 21 Nov 2024 08:14
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item
View Item