ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENGEMBANGKAN USAHA BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA HOME INDUSTRI SARI RAMA RASA TANJUNGPINANG

PREVI ASMANI, RANITA (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENGEMBANGKAN USAHA BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA HOME INDUSTRI SARI RAMA RASA TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANNJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI RANITA PREVI ASMANI] Text (SKRIPSI RANITA PREVI ASMANI)
13612245.pdf - Accepted Version

Download (888kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha berdasarkan analisis SWOT pada home industri Sari Rama Rasa Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pemilik home industri Sari Rama Rasa. Adapun metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui pendekatan analisis SWOT. Dengan menggunakan matrik SWOT dapat diperoleh hasil bahwa home industri ini dapat memilih alternatif strategi S-O (Strenght-Opportunities), S-T (Strenght-Threat), W-O (Weakness-Opportunities), W-T (Weakness-Opportunities). Hasil penelitian ini menghasilkan 10 alternatif strategi yang dapat
digunakan diantaranya sebagai berikut: (1) Mempertahankan mutu dan kualitas dari produk yang sudah dikenal masyarakat, (2) Mengoptimalkan jalur distribusi yang sudah ada dalam menyampaikan produk dari produsen ke konsumen, (3) Mempertahankan hubungan yang baik dengan distributor dan pemasok, (4) Memperluas pasar dengan selalu berinovasi, meningkatkan kreatifitas, serta menambah varian dan rasa produk, (5) Memaksimalkan lagi pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan produk ke konsumen, (6) Meningkatkan kualitas kerja karyawan dengan memberikan pelatihan/workshop, (7) Mengetahui dengan
jelas seperti apa kebutuhan dan keinginan dari konsumen dengan memanfaatkan segala kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan, (8) Menekankan biaya operasional tanpa harus mengorbankan kualitas produk, (9) Menjaga dan mempertahankan
kepercayaan konsumen sehingga konsumen tetap loyal pada produk tersebut, dan (10) Membangun dan mengembangkan usaha patungan (joint venture) dengan pihak-pihak yang menyediakan modal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 21 Nov 2024 08:16
Last Modified: 21 Nov 2024 08:16
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item
View Item