APRIYANTO, FENDY (2019) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR KAWASAKI NINJA 150 CC PADA CV OTOTREND TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANNJUNGPINANG.
13612137.pdf - Accepted Version
Download (860kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan dan mengkaji strategi pemasaran CV OTOTREND dalam menjalankan usahanya, serta
mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi strategi pemasaran CV OTOTREND baik dari lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Dalam penelitian ini data dan informasi dikumpulkan menggunakan observasi atau pengamatan, interview atau wawancara, dan studi pustaka. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, yang terdiri dari empat orang kepala bidang, dan tiga orang pegawai. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil analisis SWOT bahwa kekuatan yang dimiliki oleh CV OTOTREND terletak pada kualitas dan keunggulan produk, hubungan baik dengan pemasok. Kelemahan yang dimiliki oleh CV OTOTREND terletak pada kurangnya promosi dan kurangnya sales. Peluang yang dimiliki oleh CV OTOTREND terletak pada pola dan gaya hidup masyarakat bergengsi dan kebutuhan akan sepeda motor setiap tahun selalu meningkat. Ancaman yang dimiliki oleh CV OTOTREND terletak pada pesaing yang kuat dan kondisi ekonomi yang kurang stabil. Sedangkan hasil Matriks SWOT dimana Strategi S-O yang dihasilkan adalah Market Development Strategy yaitu meningkatkan pangsa pasar dengan membidik pasar remaja pria melalui optimalisasi hubungan baik dengan pemasok dan membuat kerja sama dengan lembaga pembiayaan baru, Strategi S-T yang dihasilkan adalah menciptakan produk yang berkualitas dengan melakukan inovasi berkesinambungan melalui penggunaan bahan baku yang baik dan teknologi yang canggih, Strategi W-O yang dihasilkan adalah Brand Image Strategy yaitu dengan beriklan di media yang tepat, Strategi W-T yang dihasilkan adalah Market Penetration Strategy yaitu meningkatkan jumlah iklan, promosi penjualan yang ekstensif serta usaha publisitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Program Studi Manajemen (Mhs) |
Depositing User: | Pustaka STIE Pembangunan |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 08:21 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 08:21 |
URI: | http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1675 |