ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN TOKO FASTER DIVISI AGEN DAN DISTRIBUTOR ATK TANJUNGPINANG

YULIANI, SRI (2020) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN TOKO FASTER DIVISI AGEN DAN DISTRIBUTOR ATK TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI SRI YULIANI] Text (SKRIPSI SRI YULIANI)
16612038.pdf - Accepted Version

Download (994kB)

Abstract

Loyalitas pelanggan saat ini sulit untuk dipertahankan karena adanya persaingan usaha, toko Faster divisi agen dan distributor ATK Tanjungpinang juga mengalami permasalahan dimana jumlah pelanggan loyal dalam kurun waktu 5 tahun terakhir selalu menurun. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga, persepsi nilai, kepercayaan, dan persepsi biaya perpindahan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan demi kemajuan toko Faster divisi agen dan distributor ATK Tanjungpinang.Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan 52 populasi dan dengan sampel jenuh maka sampel juga berjumlah 52. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis.Hasil pada penelitian ini berdasarkan uji t menunjukan jika variabel harga, persepsi nilai, kepercayaan, dan persepsi biaya perpindahan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan toko Faster divisi agen dan distributor ATK Tanjungpinang. Dengan uji F diketahui variabel harga, persepsi nilai, kepercayaan, persepsi biaya perpindahan secara serentak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Uji koefisien determinasi menunjukan variabel harga, persepsi nilai, kepercayaan, persepsi biaya perpindahan memberi sumbangan pengaruh terhadap loyalitas sebesar 57,8%.Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwasanya harga berpengaruh negatif,dimana jika harga turun satu satuan maka akan menaikan loyalitas pelanggan. sedangkan persepsi nilai, kepercayaan dan persepsi biaya perpindahan berpengaruh positif dimana jika variabel tersebut naik satu satuan maka loyalitas pelanggan juga akan naik. Artinya toko Faster Tanjungpinang harus meningkatkan harga demi meningkatkan pendapatan dan mempertahankan serta meningkatkan persepsi nilai, kepercayaan dan perepsi perpindahan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:05
Last Modified: 20 Dec 2024 03:05
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1755

Actions (login required)

View Item
View Item