ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI BERAS PADA CV. ABADI JAYA KOTA TANJUNGPINANG

BAZOOKA, DEWA (2022) ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI BERAS PADA CV. ABADI JAYA KOTA TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI DEWA BAZOOKA] Text (SKRIPSI DEWA BAZOOKA)
18612060.pdf - Accepted Version

Download (788kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian untuk menganalisis saluran distribusi beras pada CV. Abadi Jaya Kota Tanjungpinang. Saluran Distribusi ini dilihat dari komponen-komponen saluran distribusi diantaranya seperti Biaya Distribusi, Cakupan Pasar, Layanan Pelanggan, dan Komunikasi. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 34 konsumen toko grosiran Jaya yang sudah berlangganan lebih dari tiga tahun lamanya, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 7orang informan. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tiga teknik yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kebanyakan konsumen yang diwawancara mengatakan produk beras yang dijual di CV. Abadi Jaya ini memiliki harga yang terbilang mahal jika dibandingkan oleh produk sejenis lainnya, mahalnya produk ini dikarenakan adanya kenaikan harga produk yang dilakukan oleh CV. Abadi Jaya untuk menutupi biaya distribusinya, walupun produk tergolong dalam produk beras yang memiliki kualitas yang baik, hal ini dapat dilihat dari indikator biaya distribusi, selain itu peneliti juga menemukan hasil lain berupa kurang memadainya transportasi dalam proses pengiriman barang, yang dimana CV ini hanya memiliki dua kendaraan truk saja untuk pengantarannya, sehingga pengantaran cenderung memakan waktu yang lama serta tidak dapat menjangkau akses jalanan yang sempit hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara di indikator cakupan pasar, selain itu peneliti juga mendapatkan hasil bahwa kurang optimalnya pelayanan di CV. Abadi Jaya yang dimana hal ini dikarenakan tidak terdapatnya bagian customer service sehingga pelayanan kurang maksimal hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara di indikator pelayanan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:48
Last Modified: 20 Dec 2024 03:48
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item
View Item