PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADA KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK IBUMAS DI KOTA TANJUNGPINANG

SUTRISNA, ANDIKA (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADA KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK IBUMAS DI KOTA TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANNJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI ANDIKA SUTRISNA] Text (SKRIPSI ANDIKA SUTRISNA)
15612340.pdf - Accepted Version

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Klinik Ibumas di Kota Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil sebanyak 270 orang konsumen Klinik bumas di Kota Tanjungpinang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner dan kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Data analisis dengan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 21. Hasil uji t pada variabel Bukti Fisik (X1) terhadap Kepuasan Pasien (Y) diperoleh thitung (3.341) > ttabel (1.650) dan mempunyai signifikan sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t pada variabel Kehandalan (X2) terhadap Kepuasan Pasien (Y), diperoleh thitung (2.472) > ttabel (1.650) dan mempunyai signifikan sebesar 0,14 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t pada Respon (X3) terhadap variabel Kepuasan Pasien (Y) menghasilkan thitung (1.889) < ttabel (1.650) dan mempunyai signifikan 0,60 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t pada variabel Jaminan (X4) terhadap Kepuasan Pasien (Y), diperoleh thitung (4.382) > ttabel (1.650) dan mempunyai signifikan sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t pada Empati (X5) terhadap variabel Kepuasan Pasien (Y) menghasilkan thitung (3.159) < ttabel (1.650) dan mempunyai signifikan 0,02 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Bukti Fisik, Kehandalan, Respon, Jaminan, dan Empati secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien Pada Klinik Ibumas di Kota Tanjungpinang. Dengan komtribusi Adjusted R Square sebesar 45,3% Bukti Fisik, Kehandalan, Respon, Jaminan, dan Empati, sedangkan sisanyab 44.7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 20 Dec 2024 03:51
Last Modified: 20 Dec 2024 03:51
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item
View Item