ASTUTI, ERNING (2024) PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN PENGGUNA SHOPEE DI TANJUNGPINANG. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.
![[thumbnail of SKRIPSI ERNING ASTUTI]](http://repo.stie-pembangunan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19612007.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying konsumen pengguna Shopee di Tanjungpinang.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi yang digunakan yaitu masyarakat yang berdomisili di Tanjungpinang dan tidak diketahui jumlahnya secara pasti. Sampel yang digunakan berjumlah 385 orang yang didapat dari rumus Cochran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini berdasarkan uji hipotesis yaitu uji t yang memperoleh hasil bahwa hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan nilai thitung 6,862> ttabel 1,966194 dan shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dengan nilai thitung 10,359 > ttabel 1,966194. Berdasarkan hasil uji F mendapatkan hasil bahwa hedonic shopping value dan shopping lifestyle secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadapimpulse buying dengan nilai fhitung 273,562 > ftabel 3,019349. Untuk nilai adjusted R square sebesar 0,587 artinya variabel hedonic shopping value (X1), shopping lifestyle (X2) secara bersama-sama memberikan pengaruh pada impulse buying (Y) sebesar 58,7% sisanya yaitu 41,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.Kesimpulan penelitian ini yaitu semakin tinggi hedonic shopping value maka akan semakin tinggi impulse buying yang dilakukan konsumen dan semakin tinggi shopping lifestyle maka semakin tinggi pula impulse buying yang dilakukan konsumen tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Program Studi Manajemen (Mhs) |
Depositing User: | Pustaka STIE Pembangunan |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 08:31 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 08:31 |
URI: | http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/419 |