SUNDARI, PUTRI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN E-PAYMENT DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA IKM KOTA TANJUNGPINANG DENGAN PERSPEKTIFTECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.
20622172.pdf - Accepted Version
Download (841kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Payment dan media sosial terhadap kinerja keuangan pada Usaha Kecil Menengah (IKM) di Kota Tanjungpinang, dengan menggunakan perspektif Technology Acceptance Model(TAM). TAM digunakan secara khusus untuk mengukur tingkat penerimaan dan adopsi teknologi dalam penggunaan E-Payment dan media sosial oleh IKM. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 93 IKM dengan menggunakan teknik rumus Slovin.Metode yang digunakan dalam penelitian in adalah metode kuantitatif. Objek penelitian ini berupa pelaku usaha (IKM) yang telah menggunakan sistem pembayaran elektronik (E-Payment) dan aktif di media sosial. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner (Angket) Dimana responden mengisi kuesioner sebanyak 30 butir pernyataan yang berkaitan dengan variabel yang diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Payment dan media sosial dengan persepktif Technology Acceptance Model (TAM) berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Dapat disimpulkan bahwa E-Payment dan media sosial berpengaruh terhadap kinerja keuangan baik secara parsial maupun secara simultan.Dapat disimpulkan bahwa hasil dari uji koefisien determinasi dengan nilai R-Square sebesar 0.243 artinya pada variabel E-payment dan media sosial berpengaruh terhadap kinerja keuangan sebesar 24,3% sedangkan sisanya 75,7 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Akuntansi |
Divisions: | Program Studi Akuntansi (Mhs) |
Depositing User: | Pustaka STIE Pembangunan |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:37 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:37 |
URI: | http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/427 |