PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, LOKASI DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI MINIMARKET SARI MART

RIZWAN, BOBY (2023) PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, LOKASI DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI MINIMARKET SARI MART. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI BOBY RIZWAN] Text (SKRIPSI BOBY RIZWAN)
18612057.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah variabel Kelengkapan Produk, Lokasi, dan Promosi Penjualan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Minat Beli Konsumen di Minimarket Sari Mart. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi ini bersifat infinite atau populasi yang tidak diketahui jumlahnya. Ukuran sampel diperhitungkan dengan rumus Lameshow sehingga didapatkan jumlah sampel nya sebesar 100 responden dengan menggunakan teknik non probability yakni Teknik sampling insidental, yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis, dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kelengkapan Produk (X1) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen (Y) dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif 0,156 nilai thitung (3,887) > ttabel (1,984) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel Lokasi (X2) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen (Y) dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif 0,206 nilai thitung (6,144) > ttabel (1,984) nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel Promosi Penjualan (X3) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen (Y) dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif 0,145 nilai thitung (3,846) > ttabel (1,984) nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Variabel Kelengkapan Produk (X1) dan Lokasi (X2) dan Promosi Penjulan (X3) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen (Y) dengan nilai Fhitung (22.609) > Ftabel (2,70). Sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,396 atau 39,6%. Variabel Kelengkapan Produk (X1) dan Lokasi (X2), dan Promosi enjualan (X3) secara parsial dan simultan berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen (Y). Hal ini menunjukkan semakin baik atau lengkap produk, lokasi yang strategis, promosi penjualan yang baik di Minimarket Sarimart maka semakin meningkat juga minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 21 Jun 2024 13:10
Last Modified: 21 Jun 2024 13:10
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item
View Item