PENGARUH PENGALAMAN BELANJA ONLINE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA

Adi Chandra, Ricky (2023) PENGARUH PENGALAMAN BELANJA ONLINE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI RICKY ADI CHANDRA] Text (SKRIPSI RICKY ADI CHANDRA)
18612246.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tokopedia merupakan e-commerce paling besar dan nomor satu di Indonesia. Tokopedia telah sukses menjadi perusahaan yang mengalami perkembangan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir. e-commerce ini memiliki program mendukung usaha mikro kecil dan juga menengah yang memiliki tujuan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produknya
melalui media online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman belanja dan kepercayaan terhadap minat beli ulang pada marketplace Tokopedia
terhadap Mahasiswa/i STIE Pembangunan Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 385 orang responden dengan menggunakan teknik sampel non-probability yaitu purposive sampling. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek penelitian ini berupa mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online menggunakan google form. Dimana responden mengisi kuesioner sebanyak 28 butir pernyataan yang berkaitan dengan variabel yang diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel (X1) pengalaman belanja online tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli ulang. Dengan mendapatkan hasil dalam uji t dimana thitung sebesar 0,924 < ttabel 1,966 dengan nilai signifikan 0,356 > 0,05, dan variabel (X2) kepercayaan berpengaruh positif secara parsial terhadap minat beli ulang dengan mendapatkan hasil dalam uji t yaitu thitung sebesar 6,064 > ttabel 1,1966 dengan nilai signifikan 0,001< 0,005. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengalaman belanja online dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap minat beli ulang pada
marketplace tokopedia. Dengan menggunakan uji f maka diperoleh nilai fhitung sebesar 18,749 > ftabel3,02 dengan nilai signifikan 0,001< 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 21 Jun 2024 13:11
Last Modified: 21 Jun 2024 13:11
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item
View Item