PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PT. PEGADAIAN CABANG TANJUNGPINANG

AYU WINDIRA, NOVIA (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PT. PEGADAIAN CABANG TANJUNGPINANG. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI NOVIA AYU WINDIRA] Text (SKRIPSI NOVIA AYU WINDIRA)
19612085.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari variabel kepercayaan dan kepuasan nasabah di PT. Pegadaian Cabang Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah yang sudah berlangganan minimal 3 tahun di PT. Pegadaian Cabang Tanjungpinang. Ukuran sampel dihitung dengan rumus solvin diperoleh 229 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan kajian pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan (X1) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif t hitung sebesar 3,737 pada tingkat sig sebesar 0,001. Variabel kepuasan nasabah (X2) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif t hitung sebesar 3,698 pada tingkat sig sebesar 0,001. Variabel kepercayaan (X1) dan kepuasan nasabah (X2) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai f hitung 28,242 dengan probabilitas 0,001. Sedangkan nilai Adjust R Square sebesar 0,193 atau 19,3%. Sementara sisanya 80,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Variabel kepercayaan (X1) dan kepuasan nasabah (X2) secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Artinya semakin baik kepercayaan dan kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Tanjungpinang maka semakin meningkat juga loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 27 Jun 2024 12:15
Last Modified: 27 Jun 2024 12:15
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item
View Item