JULIANDAYANI, PUTRY (2023) ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI 005 MUBUR KECIL KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.
![[thumbnail of SKRIPSI PUTRY JULIANDAYANI]](http://repo.stie-pembangunan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16612108.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SD Negeri 005 Mubur Kecil Kabupaten Kepulauan Anambas. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di SD Negeri 005 Mubur Kecil Kabupaten Kepulauan Anambas yang berjumlah 15 orang, kemudian dalam penelitian ini menentukan sampel dengan teknik Nonprobability Sampling dengan menggunakan purposive sampling dimana teknik ini merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, hal ini dikarenakan semua jumlah populasi dijadikan sampel sebanyak 6 orang pegawai. Teknik analisa menggunakan kualitatif dimana analisis data adalah proses mencari dan menyusul secara sistimatis data yang diperoleh dan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data kedalam katagori, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sintesa menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan di pelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SD Negeri 005 Mubur Kecil Kabupaten Kepulauan Anambas sudah dijalankan secara tepat, hal ini dapat dilihat dari Dalam indikator gaya kepemimpinan, diketahui bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri 005 Mubur Kecil Kepulauan Anambas menggunakan gaya kepemimpinan demokratik. Gaya kepemimpinan demokratik ini dapat dilihat dari kepala sekolah dan guru bisa saling menukar pemikiran dalam hal menemukan sebuah masalah maupun mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut, komunikasi dua arah ditingkatkan serta tanggungjawab pemecahan masalah sebagia besar berada dipihak guru. Dalam kegiatan sehari-hari disekolah selalu mengadakan rapat serta bermusyawarah dengan para guru. Kepala sekolah mengadakan diskusi dengan para guru dalam membuat sebuah keputusan yang nantinya bermusyawarah terlebih dahulu serta suara terbanyak yang akan di pilih.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Program Studi Manajemen (Mhs) |
Depositing User: | Pustaka STIE Pembangunan |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 12:18 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 12:18 |
URI: | http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/656 |