ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN ASURANSI ALLIANZ DI KOTA TANJUNGPINANG

Dharma Wijaya, Fajar (2024) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN ASURANSI ALLIANZ DI KOTA TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI FAJAR DHARMA WIJAYA] Text (SKRIPSI FAJAR DHARMA WIJAYA)
20612167.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi pemasaran adalah kegiatan untuk menyampaikan dan
memberikan pesan kepada konsumen menggunakan berbagai media agarBmendapatkan hasil dalam perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan perubahan tindakan yang dikehendaki. Maka dibutuhkannya komunikasi pemasaran yang tepat, dengan menggunakan bauran pemasaran dari periklanan, promosi
penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat dan publisitas, serta pemasaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran pada
perusahaan asuransi Allianz di Kota Tanjungpinang. Indikator dalam penelitian ini yaitu, periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat dan publisitas, serta pemasaran langsung, dengan populasi sebanyak
66 karyawan yang ada di perusahaan asuransi Allianz dan sampel yang diambil sebagai informan sebanyak 5 informan yaitu 3 karyawan dan 2 nasabah karena dianggap paling tau tentang komunikasi pemasaran yang terjadi di perusahaan
asuransi Allianz. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan
data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling. Data yang didapat dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis data triangulasi
sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian yang dilakukan dari analisis komunikasi pemasaran pada perusahaan asuransi Allianz di Kota Tanjungpinang dapat ditarik kesimpulan dari indikator periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat dan publisitas, serta pemasaran langsung bahwa komunikasi pemasaran penjualan personal yang belum efektif karena kurangnya pendekatan yang dilakukan secara personal oleh marketing kepada nasabah dan teknik penerapan penjualan personal kerumah sakit dan bank yang kurang efisien bagi marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:08
Last Modified: 12 Jul 2024 03:08
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item
View Item