ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA KAPAL RORO RUTE TANJUNGUBAN-BATAM

Aminsyah, Akbar (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA KAPAL RORO RUTE TANJUNGUBAN-BATAM. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI AKBAR AMINSYAH] Text (SKRIPSI AKBAR AMINSYAH)
17612268.pdf - Accepted Version

Download (676kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih jasa kapa Roro rute Tanjunguban -Batam, untuk mengetahui faktor mana yang paling mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih jasa kapa Roro rute Tanjunguban -Batam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian verikatif dengan pendekatan kuantitatif, Jumlah sampel dalam penelitian ini 272 responden. Pengumpulan data yang diperoleh dengan melakukan penyebaran kuisoner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis faktor, data analisis faktor
dengan perumusan masalah, matrik korelasi, penentuan jumlah faktor, rotasi matrik faktor dan penafsiran faktor, dengan bantuan software SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa kapal Roro rute Tanjunguban-Batam dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor kelas sosial dengan nilai loading 0,930, pengaruh lintas budaya nilai loading 0,779, komunikasi dalam kelompok nilai loading 0,931, demografi nilai loading 0,712, pengaruh sub budaya nilai loading 0,942, kelompok referensi nilai loading 0,940, perpsepsi konsumen nilai loading 0,908, sikap nilai loading 0,790, kepribadian nilai loading 0,934, gaya hidup nilai loading 0,751, budaya nilai loading 0,675, promosi nilai loading 0.581, perolehan informasi nilai loading 0,739 dan harga nilai loading 0,852. Nilai faktor tertinggi yang mempengaruhi keputusan penggunaan jasa kapal roro rute
Tanjungpinang-Batam adalah faktor pengaruh sub budaya nilai loading 0,942 dan nilai terendah pada faktor promosi nilai loading 0,581. Dapat disimpulkan Faktor yang paling utama yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa kapal Roro rute Tanjung uban-Batam adalah faktor pengaruh sub budaya dengan nilai loading sebesar 0,942.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:30
Last Modified: 12 Jul 2024 07:30
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item
View Item