PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN INOVASI RODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. CITRA SARI TANJUNGPINANG

MUFTI HIDAYAT, ALIF (2022) PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN INOVASI RODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. CITRA SARI TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI ALIF MUFTI HIDAYAT] Text (SKRIPSI ALIF MUFTI HIDAYAT)
18612052.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari variabel keragaman produk dan inovasi produk secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian pada CV. Citra Sari Tanjungpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. populasi pada penelitian ini adalah konsumen bisnis yang telah melakukan pembelian. Ukuran sampel dihitung dengan rumus solvin diperoleh 166 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis
linier berganda, dan uji hipotesis, dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjjukan bahwa variabel keragaman produk (X1) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif 0,249 nilai t hitung 4,027 > t tabel 1,974 dan signifikasi 0,000 < 0,05. Variabel inovasi produk berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif 0,478 nilai t hitung 7, 890 > t tabel 1,974 0,000 < 0,05 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel keragaman produk (X1) dan inovasi produk (X2) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan
nilai f hitung 61,240 > f tabel 3,05. Sedangkan nilai Adjust R Square sebesar 0,422 atau 42,2 %. Sementara sisanya 57,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Variabel keragaman produk (X1) dan inovasi produk (X2) secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal
ini menunjukkan dengan adanya keragaman produk yang baik seperti banyak variasi makanan yang disediakan, serta inovasi produk baru yang diciptakan maka dapat menimbulkan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:00
Last Modified: 12 Jul 2024 08:00
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item
View Item