PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN VIRAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER TRUST PRODUK FASHION (PENGGUNA INSTAGRAM DI KOTA TANJUNGPINANG)

Rahma, Rahma (2022) PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN VIRAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER TRUST PRODUK FASHION (PENGGUNA INSTAGRAM DI KOTA TANJUNGPINANG). Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI RAHMA] Text (SKRIPSI RAHMA)
18612407.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah variabel online consumer review dan viral marketing secara parsial dan simultan terhadap customer trust produk fashion pada pengguna Instagram di Kota Tanjungpinang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian bersifat infinite atau populasi yang tidak diketahui jumlahnya. Ukuran sampel diperhitungkan dengan rumus Lemeshow sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 385 orang responden dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling incidental. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan kuesioner. Teknik
analisis data yang digunakan adalah metode uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Online Consumer Review (X1) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Customer Trust (Y) dengan nilai koefisien regresi yang bernilai positif 0,217 nilai thitung (5,136) > ttabel (1,966) dan signifikan 0,000 < 0,05. Variabel Viral Marketing (X2) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Customer Trust dengan nilai koefiesien
regresi yang bernilai positif 0,623 nilai thitung (16,753) > ttabel (1,966) nilai signifikan 0,000 > 0,05. Variabel Online Consumer Review (X1) dan Viral Marketing (X2) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Customer
Trust (Y) dengan nila Fhitung (168,689) > Ftabel (2,62). Sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,466 atau 46,6% sementara 0,534 atau 53,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel Online Consumer Review (X1) dan Viral Marketing (X2) secara
parsial dan simultan berpengaruh positif fan signifikan terhadap Customer Trust (Y). Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya online consumer review yang baik seperti ulasan yang positif serta viral marketing yang dilakukan secara aktif dan dilakukan oleh orang terkenal seperti influencer akan menimbulkan kepercayaan konsumen (customer trust) dan dapat meningkatkan penjualan pada produk fashion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:31
Last Modified: 12 Jul 2024 08:31
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item
View Item