ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL PADA PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG TANJUNGPINANG

T Sianturi, Septina (2022) ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL PADA PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG TANJUNGPINANG. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANNJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI SEPTINA T SIANTURI] Text (SKRIPSI SEPTINA T SIANTURI)
18612044.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

PT Federal International Finance atau yang biasa disingkat (FIF). Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen, Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan PT. Federal International Finance melayani semua pelanggan, baik dikalangan menengah atas hingga kalangan menengah dibawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional karyawan bagian pelayanan pada PT. Federal International Finance cabang Tanjungpinang. Terdapat lima indikator kecerdasan emosional yang terdiri dari kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan PT. Federal International Finance
cabang Tanjungpinang (FIF). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Jumlah informan sebanyak 7 orang bagian pelayanan dan 1 orang informan kunci yang merupakan atasan FIF, yang terpilih sebagai informan dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel purposive sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan
bagian pelayanan kurang memiliki rasa emosional yang baik dalam pelayanan, karyawan belum sepenuhnya mengimplementasikan kecerdasan emosional secara
optimal, masih ada yang harus ditingkatkan berkaitan dengan persepsi emosi yang dimiliki karyawan bagian pelayanan, terbukti karyawan masih kurang dalam hal menahan emosi, empati, dan keterampilan sosial. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa diharapkan karyawan dapat meningkatkan kecerdasan emosional didalam kesadaran diri, keterampilan sosial dan empati sehingga dapat meningkatkan kecerdasan emosional yang tinggi dan memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:53
Last Modified: 13 Sep 2024 03:53
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/980

Actions (login required)

View Item
View Item