PENGARUH CASH RATIO, NET PROFIT MARGIN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN

ANGGRAINI, DEA (2024) PENGARUH CASH RATIO, NET PROFIT MARGIN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI DEA ANGGRAINI] Text (SKRIPSI DEA ANGGRAINI)
20622009.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cash ratio, net profit margin dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan consumer non-cyclicals papan utama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 58 perusahaan periode 2018-2022. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sehingga sampel yang didapatkan adalah 21 perusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial cash ratio dan net profit margin tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Sedangkan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Dapat disimpulkan bahwa cash ratio, net profit margin dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Dan diperoleh nilai Adjusted R-Squared sebesar 0.736174 yang artinya kebijakan dividen dipengaruhi oleh Cash Ratio, Net Profit Margin dan Ukuran Perusahaan sebesar 73,62% dan 26,38% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akuntansi
Divisions: Program Studi Akuntansi (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 14 Jun 2024 13:39
Last Modified: 14 Jun 2024 13:39
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item
View Item