PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KUALITAS PESAN IKLAN, DAN FREKUENSI PENAYANGAN IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI MIE SEDAP KOREAN SPICY CHICKEN

Oktaviana Sistra, Yossy (2023) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KUALITAS PESAN IKLAN, DAN FREKUENSI PENAYANGAN IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI MIE SEDAP KOREAN SPICY CHICKEN. Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI YOSSY OKTAVIANA SISTRA] Text (SKRIPSI YOSSY OKTAVIANA SISTRA)
19612321.pdf - Accepted Version

Download (774kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan, kualitas pesan iklan, dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan televisi Mie sedap Korean Spicy Chicken. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Masyarakat Tanjungpinang Timur yang tahu dan pernah melihat iklan Mie Sedap Korean Spicy Chicken. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel 400 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program JASP 15.
Hasil penelitian ini berdasarkan uji hipotesis didapatkan hasil bahwa daya tarik iklan, kualitas pesan iklan, dan frekuensi penayangan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan dengan thitung masing masing sebesar 6,310, 9,285, dan 5,657 pada tingkat sig 0,001. Berdasarkan hasil uji F didapatkan hasil bahwa daya tarik iklan, kualitas pesan iklan, dan frekuensi penayangan iklan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap efektivitas iklan dengan nilai fhitung 217,560 dengan probabilitas 0,001. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,620 atau 62%, sementara
sisanya 38% dipengaruhi oleh variabel lain. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa daya tarik iklan, kualitas pesan
iklan dan frekuensi penayangan iklan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan. Artinya semakin baik daya tarik
iklan, kualitas pesan iklan dan frekuensi penayangan iklan maka semakin meningkat juga efektivitas iklan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 22 Jun 2024 08:37
Last Modified: 22 Jun 2024 08:37
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item
View Item