PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT TANJUNGPINANG MENGGUNAKAN APLIKASI POSPAY MOBILE

WINDRA PRATAMA, RISKI (2022) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT TANJUNGPINANG MENGGUNAKAN APLIKASI POSPAY MOBILE. Diploma thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI RISKI WINDRA PRATAMA] Text (SKRIPSI RISKI WINDRA PRATAMA)
18612248.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah electronic word of mouth dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat masyarakat tanjungpinang menggunakan aplikasi pospay mobile. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 177 responden yang berdomisili di tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dimana responden mengisi kuisioner sebanyak 31 butir pernyataan yang berkaitan dengan variabel yang diukur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis menggunakan SPSS versi 24. Selanjutnya dilakukan tahapan pengujian instrument penelitian, analisis asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis, koefisien determinasi serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai thitung>ttable untuk variabel electronic word of mouth yaitu sebesar 8,518 > 1,973 dan nilai signifikasi 0,00 artinya electronic word of mouth memiliki pengaruh dan signifikasi terhadap minat menggunakan, selanjutnya hasil thitung>ttable untuk variabel kepercayaan yaitu sebesar 5,387 > 1,973 dan nilai signifikasi 0,00 artinya kepercayaan memiliki pengaruh dan signifikasi terhadap minat menggunakan. Kemudian didapatkan hasil f hitung> f tabel yaitu sebesar 77,388 > 3.05 dan nilai signifikasi sebesar 0,00 artinya electronic word of mouth dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan. Dapat disimpulkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh secara parsial terhadap minat menggunakan, kepercayaan juga berpengaruh secara parsial terhadap minat menggunakan, kemudian electronic word of mouth dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat tanjungpinang menggunakan aplikasi pospay mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:22
Last Modified: 03 Jul 2024 03:22
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item
View Item