PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SHOPEEPAY (STUDI KASUS PADA PENGGUNA SHOPEE DI KOTA TANJUNGPINANG)

Aulia, Desty (2023) PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SHOPEEPAY (STUDI KASUS PADA PENGGUNA SHOPEE DI KOTA TANJUNGPINANG). Diploma thesis, STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG.

[thumbnail of SKRIPSI DESTY AULIA] Text (SKRIPSI DESTY AULIA)
18612199.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan Shopeepay pada pengguna Shopee di Kota Tanjungpinang. Jenis penelitian ini menerapkan metode kuantitatif deskriptif dengan
melakukan uji secara statistik. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 orang responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sampel kemudian dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara daring dan studi kepustakaan Hasil dari uji yang dilakukan adalah terdapat pengaruh positif signifikan persepsi kegunaan terhadap minat menggunakan Shopeepay dengan thitung 4,153 ≥ 1,988 dengan signifikansi 0,000. Untuk variabel kemudahan penggunaan menghasilkan pengaruh yang positif signifikan terhadap minat menggunakan Shopeepay dengan thitung 2,492 ≥ 1,988 dengan tingkat signifikansi 0,014. Variabel kepercayaan memberikan pengaruh terhadap minat menggunakan Shopeepay dengan thitung sebesar 2,440 ≥ 1,988 dengan signifikansi 0,017. Uji simultan menghasilkan pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan Shopeepay pada pengguna Shopee di Kota Tanjungpinang dengan fhitung 40,552 ≥ 2,70 dan signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan untuk nilai R2 (R Square) memberikan hasil sebesar 0,545 atau dengan persentase sebesar 54%, sementara untuk sisanya sebesar 46% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Dapat disimpulkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kepercayaan, berpengaruh terhadap minat menggunakan Shopepay pada pengguna Shopee di Kota Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Studi Manajemen (Mhs)
Depositing User: Pustaka STIE Pembangunan
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:17
Last Modified: 12 Jul 2024 03:17
URI: http://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item
View Item